Jumat, 02 Desember 2011

Trik Gratis Internetan Tri ,3DATA : Kuota Habis, Koneksi Tetep Kenceng..!

Kebetulan kondisi sinyal di tempat saya tinggal selalu bagus. Signal Strength selalu full,
diatas 90% baik EDGE, HSDPA maupun WCDMA. Tapi ujungnya sih sama saja kalo sudah lewati kuota, sama-sama lelet. Apalagi untuk pokeran? ahahaa.. dijamin bakal ngap-ngapan..!


Nha waktu itu saya nggak begitu merhatiin,kenapa koneksi 3 yang saya pakai ini tiba-tiba ngebut padahal kuotanya sudah lama abis..? Baru belakangan hari ini akhirnya ketauan, ternyata sinyal HSDPA-lah yang bikin koneksi bertahan tetep kenceng.

Awalnya nggak sengaja sekedar iseng kepingin utak-atik setingan Networknya (saat kuota sudah habis). Weee.. sinyalnya malah turun, dari WCDMA jadi turun ke HSDPA. Tapi anehnya, koneksi malah berubah jadi kenceng. Kalo saya lihat data yg terdownload jumlahnya menjadi lebih besar (itungan Kbps-nya) dan cepat.

Kemarin-kemarin kondisi seperti diatas saya abaikan begitu saja, beranggapan hanya satu kebetulan belaka. Ditambah tampilan Mobile Patner yang sering minimize, jadi saya nggak pernah merhatiin perubahan status sinyalnya nyangkut kemana. Koneksi kenceng atau lelet patokan saya cuma satu, yaitu kuota. Kalo kuota abis, berarti koneksi lelet.

Sekarang jadinya lain, tetep bisa ngebut. Tapi ada yg harus saya lakukan sebelum mulai
nginternet, ngepasin modemya dapet sinyal HSDPA dan klik connect, sudah itu saja.

Untuk settingan profile sebaiknya pilih settingan standar tri saja :
- Profile name        : 3data
- APN                   : 3data
- Access number    : *99#  atau  *99***1#
- Username            : 3data
- Password            : 3data

Cuma satu hal yang makan waktu agak lama, yaitu saat nungguin sinyal HSDPA nyangkut ke modem. Karena sinyal yg dominan disini adalah WCDMA, jadinya selalu nyangkut kesitu mulu. Tapi akhirnya ketemu urutan langkah yg gampang biar dapet sinyal HSDPA.

- Pertama, setingan di Mobile Patner, saya kombinasikan seperti ini:
  Buka mobile partner klik tools,options,network Type : pilih WCDMA only

- Pilih registration mode pilih manual search & register
  lalu refresh dan tunggu sampe keluar pilihan sinyal

- Pilih sinyal 3 3G

- Setelah sinyal 3G hsdpa 3 muncul dipojok kiri bawah, klik Apply, dan Connect.

- Kalo beruntung, sinyal akan pindah dari WCDMA ke HSDPA dan akan terus bertahan di HSDPA selama internetan, sampai modem di disconnect.

- Ada kalanya nggak beruntung, waktu di-klik sinyal yang nyangkut malah WCDMA,
yah... terpaksa diulang lagi sampai dapet HSDPA.

Saat saya posting tulisan ini kondisinya masih sama, koneksi 3 yang saya pakai masih
tetep kenceng meskipun kuota sudah lama habis, kurang lebih sudah seminggu saya pakai cara ini. Dan cara ngawur ini akhirnya jadi andalan saya untuk tetap terkoneksi dengan 3 murah meriah, karena saya udah ganti paket 3DATA yg termurah, 500MB 35RIBU saja sebulan. Toh jatuhnya sama saja kalopun saya pakai yg 1 atau 5 GB. Ehh... malah rugi dong, kalo dengan 500MB aja bisa dapet 200GB sebulan wkwkkwkwk.

Sekedar info tambahan, lokasi saya disekitar Depok, Sukamaju Baru Tapos. Mungkin kondisi seperti ini tidak akan sama hasilnya kalo dicoba di tempat lain, atau justru malah lebih baik, saya nggak tau? Apapun hasilnya, menurut saya sih... sebaiknya dicoba. Siapa tau..?
Jangan lupa setelah dapet sinyal hsdpa jgn di diskonek seperti saya kalo udah dapet hsdpa gak bakal saya matiin tuh kompi kecuali ada ujan petir,manteng terus selama sebulan donlot gan hahahahaha.......

3 komentar: